Kuda liar?. Tentunya orang akan berpikir nama sebuah binatang. Kuat, besar, berkaki empat dan banyak digunakan oleh manusia sebagai wahana angkutan maupun tunggangan ala koboi di Amerika, bahkan akhir-akhir ini kuda liar dimanfaatkan air susunya sebagai obat.
                                                                                                                             

26 Januari 2008

Helikopter


Eurocopter EC-665 Tiger
Ini dia heli andalan Eropa,EC 665 Tiger. Saingan utamanya adalah Lion,Puma,Wolf,Puma Tutul dan flores Dog. Eurocopter Tiger atau Tigre merupakan helikopter serbu produk dari Eurocopter Group yang merupakan perusahaan gabungan dari AĆ©rospatiale divisi helikopter asal Perancis dan DaimlerChrysler Aerospace AG (DASA) yang berasal dari Jerman, 2 perusahaan ini mulai bergabung sejak tahun 1992. Eurocopter Tiger yang mempunyai kode produksi EC 665, mulai masuk dalam tahap desain sejak tahun 1984 ketika angkatan bersenjata dua negara (Jerman dan Perancis) mempunyai masalah yang sama mengenai kebutuhan tentang helikopter tempur multifungsi. Namun program ini sempat dihentikan pada tahun 1986 karena persoalan biaya yang tinggi, di lanjutkan kembali pada tahun 1987. Akhirnya pada tahun 1989 Eurocopter memperoleh kontrak untuk memproduksi 5 unit purwarupa, dan pada tahun 1991 purwarupa dari helikopter ini terbang untuk pertama kalinya.Untuk Heli Jenis ini Prancis Menggunakan VarianHAC (antitank) dan HAP (kawal). Sedangkan australia n' jerman MenggunakanVarian standar UHT.Sebagai Helikopter serbu modern, peluru kendali juga menjadi perbekalan standar bagi Eurocopter Tiger, dan beda varian beda pula peluru kendali yang di gendong. Tiger dari varian UHT dibekali dengan peluru kendali jenis PARS 3 LR dan atau HOT3 sebanyak 8 buah, ditambah lagi 4 buah rudal dari udara ke udara jenis AIM-92 Stinger. Sedangkan tiger dengan varian HAD mempunyai rudal Rafael Spike-ER sebanyak 8 buah, 8 buah peluru kendali anti-tank AGM-114 Hellfire dan untuk rudal dari udara ke udara menggunakan Mistral sebanyak 4 buah. Kemudian untuk "macan" dari varian ARH selain menggendong 8 buah peluru kendali anti-tank AGM-114 Hellfire juga dilengkapi dengan AIM-92 Stinger sebanyak 4 buah. Dan yang terakhir adalah varian helikopter tiger HAP yang merupakan varian terendah jika dibanding dengan varian tiger yang lain hanya di bekali 4 buah peluru kendali dari udara ke udara Mistral.
Helikopter yang mampu terbang dengan kecepatan maksimum 280 km/jam ini, mempunyai berbagai macam jenis persenjataan mulai dari senapan mesin, roket hingga peluru kendali. Persenjataan untuk senapan mesin terdiri dari : 1× 30 mm (1.18 in) GIAT 30 cannon dengan turret untuk versi HAP, HAD,dan ARH sedang untuk type UHT senapan mesin yang digunakan adalah 1× 12.7 mm (0.50 in) atau 20 mm (0.787 in). Kemudian bagian roket, Tiger tipe UHT dan HAD menggendong roket jenis SNEB 19× 70 mm (2.76 in). untuk Tiger tipe ARH roket Hydra 19× 70 mm, kemudian heli tipe HAP roket SNEB 22× 68 mm (2.68 in) , dan roket SNEB 7× 70 mm khusus untuk tiger jenis HAD.Eurocopter Tiger, mempunyai beberapa varian diantaranya adalah : Tiger HAP yang dibandrol dengan harga US$35-39 juta, UH Tiger seharga 36 US$38-43 juta, Tiger ARH seharga US$ 36 juta dan yang termahal adalah Tiger HAD seharga US$ 44-48 juta. Helikopter yang di awaki 2 personel dengan konfigurasi tempat duduk tandem ini, sudah digunakan di 5 negara dengan perincian sebagai berikut : Perancis mengoperasikan 80 unit, Jerman 80 unit, Spanyol 24 unit dan Australia 22 unit, sedangkan Saudi Arabia direncanakan akan membeli sekitar 12 unit.

KAmov KA-52 Aligator
Kamov KA 50 atau yang di beri nama Hokum A oleh NATO, adalah merupakan salah satu jenis helikopter serbu , yang menggunakan kursi tunggal. Proses design dari Kamov KA 50 sudah dimulai dari 27 tahun yang lalu. Yaitu sejak tahun 1980an oleh perusahaan Kamov company yang berpusat di rusia KA 50 diproduksi oleh Progress company of Arseniev,KA-50 mulai bertugas di angkatan bersenjata rusia mulai dari tahun 1995. Prototype pertama dari helikopter ini mempunyai nama "werewolf" namun berganti menjadi "Black shark" {hiu hitam} setelah diproduksi secara resmi.
Beberapa kelebihan dari Kamov 50 ini diantaranya adalah : Pertama dan satu-satunya (sampai saat ini) helikopter serbu yang menggunakan kursi tunggal, helikopter serbu pertama di dunia yang menggunakan co-axial rotor (baling² ganda dengan gerak berlawanan) dengan menghilangkan baling-baling pada bagian ekor, pertama dan satu-satunya helikopter yang mempunyai kursi pelontar atau zero-zero ejection seat.
Sebuah rotor coaxial memberikan kemampuan untuk terbang setinggi 4000 m dan vertical rate of climb 10m/s pada ketingggian 2500m. Baling-baling rotor terbuat dari material polymer. Konfigurasi rotor coaxial akan memberikan momen inersia 1,5 sampai 2 kali lebih kecil dari single rotor. Dengan tidak adanya rotor pada ekor memberikan kemampuan helikopter ini untuk melakukan flat turns (putaran patah) . Maximim vertical g-load mencapai 3,5 g ditambah dengan rendahnya momen inertia memberikanya high agility performance .
Cockpit dilengkapi dengan all-round armour yang dapat menahan peluru 12,7 mm dan pecahan 23mm proyektil. Baling-baling rotor dirancang sedemikian rupa sehingga bisa bertahan dari beberapa serangan ground-based automatic weapons. Ka-50 merupakan helikopter pertama yang dilengkapi dengan sistem penyelamatan, yang memungkinkan pilot menyelamatkan diri pada kecepatan dan ketinggian tertentu.

Boeing AH-64D Apache Longbow
AH-64 Apache, merupakan helikopter serbu utama dijajaran Angkatan Darat Amerika Serikat, dan helikopter ini merupakan penerus dari pendahulunya yaitu AH-1 Cobra. Awalnya proyek pembuatan AH-64 Apache ini dilakukan oleh Hughes sebelum kemudian perusahaan ini di beli oleh McDonnell Douglas pada tahun 1983 dan akhirnya dilanjutkan Boeing, setelah terjadi merger antara McDonnell Douglas dan Boeing. AH-64 Apache ini merupakan helikopter serbu dengan kursi ganda dengan konfigurasi tandem dimana sang pilot duduk di belakang agak diatas dari posisi kopilot yang juga bertugas sebagai juru tembak, tenaga dari helikopter ini di dapat dari dua buah mesin turbo shaft General Electric T700 . Sampai saat ini sudah ada 4 varian dari helikopter AH-64 Apache ini mulai dari AH-64A,AH-64B,AH-64C dan yang terakhir adalah AH-64D Longbow.
Persenjataan yang di gotong oleh AH-64 Apache adalah senapan mesin M230 dengan kaliber 30 mm, serta beberapa roket udara ke darat FFAR Hydra 70 sedangkan untuk peluru kendali yang di gendong adalah kombinasi dari AGM-114 Hellfire untuk memanggang tank musuh yang ada di darat serta peluru kendali AIM-92 Stinger dan AIM-9 Sidewinder untuk menghajar musuh di udara. Hingga saat ini tidak kurang dari 12 negara diluar Amerika yang telah menggunakan Helikopter ini dengan jumlah populasi tidak kurang dari 1.048 unit.

1 komentar:

Customersupport mengatakan...

It is safe to say that you are as yet unfit to get actuation of email for Gemini account? What could be the blunder for this situation? So as to determine the mistake totally and furthermore, to increase gainful arrangements from the specialists, connect with the tip top specialists by dialing Gemini phone Number+1800-665-6722 which is constantly open and clients can contact the group whenever according to the prerequisite. The group is dependably at administration to help and guide you altogether.

Interaktif

Nama:
E-mail:
blog:
Jurusan anda:
Komentar/saran/pertanyaan:

-{{-Yahoo Messengers-}}-

Sign by Dealighted - Coupons & Discount Shopping

Galleri

www.flickr.com
adrianus_microjet's photos More of adrianus_microjet's photos

2860484

2860484